Sabtu, 15 Desember 2018

TULUS

Seorang sahabat pernah menasehatiku saat aku sedang dalam keadaan kacau, sedang menangis sesegukan, saat aku berpikir bahwa semuanya akan berakhir.
"Kamu tahu, apa yang membuatmu sakit hati ? Itu karena kamu tidak pernah benar-benar tulus mencintai, jika kamu tulus dalam mencintai, kamu tidak akan pernah merasa sakit atau pun kecewa"
Pada saat itu aku tak menghiraukan ucapannya. Aku hanya terus menangis dan menangis.

Hari ini, aku mulai memikirkan kalimat yang diucapkan oleh sahabat ku tadi. Dan aku membenarkan ucapanya itu.
Selama ini yang aku lakukan pada orang yang aku sukai karena aku ingin orang tersebut menyukai ku juga, menganggapku sebagai orang baik yang akan selalu ada untuknya.
Jika aku tidak menyukainya, tidak berharap akan ada balasan atas apa yang aku lakukan untuknya, mungkin aku tidak akan pernah mau untuk melakukannya.

Dan aku mulai memikirkan, apa-apa saja yang aku lakukan dalam hidupku. Bahkan aku sulit menemukan hal-hal yang aku lakukan dengan tulus.
Bahkan sesuatu hal yang ku lakukan untuk pencipta ku pun aku belum benar-benar tulus. Aku masih mengharapkan balasan atas apa yang telah aku lakukan.
Mungkin karena itu aku sering merasakan sakit hati, kecewa dan terluka..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar